PENGEMBANGAN
SILABUS
1.
Pengertian
Silabus adalah Rencana
Pembelajaran untuk satu mata pelajaran di kelas atau satu tema tertentu yang terdiri atas beberapa materi pokok atau
tema tertentu yang mencakup kompetensi inti,
kompetensi dasar, materi pokok, pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber
belajar.
2.
Fungsi
Silabus
Silabus merupakan rancangan minimal pembelajaran yang
dijadikan dasar bagi guru untuk mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) yang disesuaikan dengan kondisi sekolah, peserta didik, dan masyarakat
yang dilayani oleh
suatu satuan pendidikan
3.
Landasan
Pengembangan Silabus
Silabus dikembangkan dari Kompetensi Inti (KI) dan
Kompetensi Dasar
(KD) untuk setiap mata pelajaran atau tema
4.
Format dan
Komponen Silabus
Bila 1 (satu) Materi Pokok
terdapat 1 (Satu) Kompetensi Dasar (KD) di Kompetensi Inti (KI) -3 yang
linear dengan 1 KD di KI-4
|
Mata Pelajaran :
…………………………………………………………..
Kelas : …………
Kompetensi Inti
KI 1:
...........................................................................................................
KI 2 :
...........................................................................................................
KI 3:
...........................................................................................................
KI 4:
...........................................................................................................
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1. [sisipkan seluruh KD dari KI 1]
|
|
|
|
|
|
|
2. [sisipkan seluruh KD dari KI 2]
|
||||||
3.1 .................................
4.1 ..................................
|
JudulMateriPokok:
-
……
-
……..
|
Mengamati
· ……………
· ……………
Menanya
· ……………
· ……………
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
· ……………
· ……………
Mengasosiasikan
· ……………
· ……………
Mengomunikasikan
· ……………
· ……………
|
Tugas
Observasi
Portofolio
Tes
|
…. mgg X jp
|
|
|
SILABUS SMP/ MTs:………………………………………………….
Bila 1 (satu) Materi Pokok
terdapat beberapa Kompetensi Dasar (KD) di Kompetensi Inti (KI) -3 yang
linear dengan beberapa KD di KI-4
|
Mata Pelajaran :
…………………………………………………………..
Kelas : …………
Kompetensi Inti
KI 1:
...........................................................................................................
KI 2 :
...........................................................................................................
KI 3:
...........................................................................................................
KI 4:
...........................................................................................................
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1. [sisipkan seluruh KD dari KI 1]
|
|
|
|
|
|
|
2. [sisipkan seluruh KD dari KI 2]
|
||||||
3.1 .................................
3.2 ..................................
dst
4.1 ..................................
4.2 ..................................
dst
|
JudulMateriPokok:
-
……
-
……..
|
Mengamati
· ……………
· ……………
Menanya
· ……………
· ……………
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
· ……………
· ……………
Mengasosiasikan
· ……………
· ……………
Mengomunikasikan
· ……………
· ……………
|
Tugas
Observasi
Portofolio
Tes
|
…. mgg X jp
|
|
|
Bila 1 (satu) Materi Pokok
terdapat 1 (Satu) Kompetensi Dasar (KD) di Kompetensi Inti (KI) -3 yang
linear dengan 1 KD di KI-4
|
Mata Pelajaran :
…………………………………………………………..
Kelas : …………
Kompetensi Inti
KI 1:
...........................................................................................................
KI 2 :
...........................................................................................................
KI 3:
...........................................................................................................
KI 4:
...........................................................................................................
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1. [sisipkan seluruh KD dari KI 1]
|
|
|
|
|
|
|
2. [sisipkan seluruh KD dari KI 2]
|
||||||
3.1 .................................
4.1 ..................................
|
JudulMateriPokok:
-
……
-
……..
|
Mengamati
· ……………
· ……………
Menanya
· ……………
· ……………
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
· ……………
· ……………
Mengasosiasikan
· ……………
· ……………
Mengomunikasikan
· ……………
· ……………
|
Tugas
Observasi
Portofolio
Tes
|
…. mgg X jp
|
|
|
SILABUS SMA/ MA:………………………………………………….
Bila 1 (satu) Materi Pokok
terdapat beberapa Kompetensi Dasar (KD) di Kompetensi Inti (KI) -3 yang
linear dengan beberapa KD di KI-4
|
Mata Pelajaran :
…………………………………………………………..
Kelas : …………
Kompetensi Inti
KI 1:
...........................................................................................................
KI 2 :
...........................................................................................................
KI 3:
...........................................................................................................
KI 4:
...........................................................................................................
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1. [sisipkan seluruh KD dari KI 1]
|
|
|
|
|
|
|
2. [sisipkan seluruh KD dari KI 2]
|
||||||
3.1 .................................
3.2 ..................................
dst
4.1 ..................................
4.2 ..................................
dst
|
JudulMateriPokok:
-
……
-
……..
|
Mengamati
· ……………
· ……………
Menanya
· ……………
· ……………
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
· ……………
· ……………
Mengasosiasikan
· ……………
· ……………
Mengomunikasikan
· ……………
· ……………
|
Tugas
Observasi
Portofolio
Tes
|
…. mgg X jp
|
|
|
5.
Pengisian
Kolom Silabus
a.
Identitas mata pelajaran
Diisi dengan nama mata pelajaran. Untuk SMA ditambahkan dengan status mata
pelajaran yaitu mata pelajaran wajib (untuk SMA/SMK) dan mata pelajaran
Kelompok Peminatan
b.
Kompetensi Inti
Kompetensi Inti diisi dengan Kompetensi Inti yang sudah ditetapkan untuk
masing-masing sekolah dan kelas
c.
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar diisi dengan Kompetensi dasar yang telah dikembangkan
Terdiri atas KD-1 ditulis 1.1 , KD-2 ditulis 2.1, KD-3 ditulis 3.1, KD-4 ditulis 4.1
KD-3 dan KD-4 diisi yang
memiliki materi sama selalu dituliskan berurutan dalam kotak untuk yang sama
untuk satu materi pokok atau tema
KD-1 dan
KD-2 berlaku untuk satu kelas
d.
Materi Pokok/Tema
Dalam kolom Materi Pokok dicantumkan nama/label materi pokok.
Nama/label materi pokok ditentukan pengembang silabus berdasarkan penamaan
yang biasa di mata pelajaran tersebut seperti nama konsep atau peristiwa
Satu materi pokok dikembangkan dari satu atau lebih KD 3
e.
Pembelajaran
Kolom Pembelajaran merupakan rincian kegiatan belajar dari mengamati,
menanya, mengumpulkan data/mengeksperimenkan/mengeksplorasikan,
mengasosiasikan, dan mengomunikasikan untuk
setiap materi pokok atau tema.
Rincian kegiatan tersebut
haruslah terkait dengan isi dari Materi Pokok tapi harus memberi kesempatan
kepada guru untuk mengembangkannya lebih rinci dalam RPP.
Rincian Pembelajaran perlu memperhatikan kondisi sekolah dan guru di
seluruh tanah air dengan keterbatasan yang mereka miliki dalam guru dan
fasilitas
f.
Penilaian
Kolom penilaian diisi dengan rincian alat penilaian hasil belajar yang akan digunakan sesuai dengan jenis
materi hasil belajar seperti fakta,
konsep, prosedur, sikap,
dan sebagainya.
Pengembang silabus perlu memikirkan alat penilaian hasil belajar mana yang
paling sesuai untuk mendapatkan informasi yang sahih dari hasil belajar
Banyaknya instrumen penilaian yang digunakan ditentukan berdasarkan jenis
materi hasil belajar dan kemudahan pengembangan alat penilaian hasil belajar
Setiap mata pelajaran dapat memilih dan menambah alat penilaian hasil
belajar dari yang tercantum dalam kolom Penilaian
g.
Alokasi Waktu
Alokasi Waktu ditentukan berdasarkan pertimbangan mengenaibeban belajar
yang diperlukan peserta didik untuk mempelajari isi dari suatu materi pokok.
Dalam pertimbangan mengenai beban belajar perlu diperhatikan bahwa proses
pembelajaran memerlukan waktu yang cukup bagi peserta didik untuk mencari dalam
bentuk mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi (eksplorasi/eksperimen atau
bentuk lain), mengolah informasi dalam bentuk mengasosiasikan data temuan dari
kegiatan mengumpulkan informasi (baik dari kegiatan mengamati mau pun dari
kegiatan mengumpulkan informasi), mengkomunikasikan hasil dari kegiatan
mengasosiasi dalam bentuk tulisan, lisan, media lain. Kegiatan-kegiatan
tersebut memerlukan waktu yang panjang dan masuk dalam pertimbangan ketika
menentukan alokasi waktu
Kolom Alokasi waktu ditulis dengan jumlah minggu yang diperlukan untuk
mempelajari isi materi pokok berdasarkan jam pelajaran yang tercantum dalam
struktur kurikulum. Jam pelajaran tersebut adalah satuan yang tetap.
Bentuk penulisan 2 mg
X 4 jp dan artinya materi pokok tersebut dirancang untuk dipelajari peserta
didik selama 2 (dua)
minggu dan setiap minggu 4 (empat)
jam pelajaran.
Alokasi waktu jam pelajaran efektif 35 s.d. 36 minggu per tahun.
h.
Sumber Belajar
Kolom sumber belajar memuat sumber yang minimal harus dipelajari peserta
didik dan digunakan guru. Oleh karena itu dalam menentukan sumber belajar harus
dipertimbangkan kondisi sekolah di seluruh tanah air. Buku pelajaran yang
diterbitkan pemerintah adalah buku stadar yang harus digunakan, ditambah dengan
sumber lain dalam berbagai jenis dan bentuk.
Tidak menuliskan judul
dan nama penulis buku yang dikembangkan oleh Penerbit Swasta.
0 komentar:
Posting Komentar